Makalah Microsoft Word 2007

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.      Sejarah Microsoft Office Word

1981-1990 Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.Tahun 1990-1995.

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

  1. B.       Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.      Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
    1. Membuka Microsoft Word

Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :

  1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
  2. Pilih menu Program
  3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
  1. Membuat Dokumen Baru

Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.

  1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
  2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
  3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.

Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :

  1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
  2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
  3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
  1. Membuka file yang sudah tesimpan
  2. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
  3. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
  4. Klik pada nama file yang akan dibuka.
  5. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
  1. Menyimpan Dokumen
  2. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
  3. Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombolS ave.
  4. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klikS ave. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.
  1. Menutup File Dokumen
  2. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.
  3. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
  1. Menutup Jendela Microsoft Word
  2. Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
  3. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
  4. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
  1. B.       Mengetik Dokumen Sederhana

Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.

Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.

  1. C.      Mengedit Teks

Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :

  • Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
  • Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
  • Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
  • Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
  • Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
  1. D.      Meng-Copy / Menyalin Teks

Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :

  1. Pilih teks yang akan Anda salin.
  2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
  3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
  4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
  1. E.       Men-Delete / Menghapus Teks.

Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.

  1. Pilih teks yang akan anda hapus.
  2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
  1. F.       Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.

Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini :

  1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
  2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
  3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
  4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
  1. G.      Format Teks
  • Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
  • Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.

Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

  1. H.      Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)

Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :

  • Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
  • Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
    terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
  1. I.         Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)

Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :

  • Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
  • Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
  1. J.        Mengatur Format Paragraph

Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :

  • Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
  • Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
    formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
    semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
    format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
    memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
  1. K.      Mencetak Dokumen

Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :

  1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
  2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
  3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
  • Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
  • Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
  1. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
  2. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
  3. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
  • All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
  • Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
  • Even pages,
  1. Klik OK.
  1. L.       Mengakhiri Microsoft Word

Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.

Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :

  1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit.
  2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
  3. Tekan Alt +F4

 

BAB  III

PENUTUP

  1. A.      Kesimpulan

Dari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :

  1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
  2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
  3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.
  1. B.       Saran

Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.

Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.

About these ads

About Deni Sopandi

"do the best" Yakin Usaha Sampai

Posted on 9 Juni 2013, in Komputer dan Internet, Pengetahuan, Sotfware, Tugas and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: